TGS GNSS EQ1 RTK – GNSS Presisi Tinggi dengan Frekuensi Ganda

GNSS (Global Navigation Satellite System) adalah sistem navigasi yang menggunakan sinyal dari satelit untuk menentukan posisi, kecepatan, dan waktu dengan akurasi tinggi. TGS GNSS EQ1 RTK adalah salah satu perangkat GNSS yang menawarkan presisi tinggi dengan menggunakan dua frekuensi GNSS, yaitu L1 dan L2.

Dengan menggunakan dua frekuensi, TGS GNSS EQ1 RTK dapat mengurangi efek dari ionosfer dan multipath, yang seringkali menjadi kendala dalam mendapatkan posisi yang akurat. Perangkat ini dilengkapi dengan teknologi RTK (Real-Time Kinematic) yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan posisi dengan akurasi tinggi secara real-time.

Desain dan Konstruksi yang Tahan Lama

TGS GNSS EQ1 RTK dirancang dengan material dan konstruksi yang tahan lama, sehingga cocok digunakan dalam kondisi yang ekstrem seperti cuaca buruk atau lingkungan yang keras. Perangkat ini juga dilengkapi dengan sertifikasi IP67 yang menjadikannya tahan terhadap debu dan air.

Perangkat ini memiliki desain yang ergonomis dan ringan, sehingga nyaman digunakan untuk jangka waktu yang lama. TGS GNSS EQ1 RTK juga dilengkapi dengan layar yang jelas dan mudah dibaca, sehingga pengguna dapat melihat informasi posisi dengan jelas bahkan dalam kondisi cahaya yang terbatas.

Material dan Konstruksi Tahan Lama

TGS GNSS EQ1 RTK menggunakan material yang kuat dan tahan lama, seperti aluminium dan plastik yang tahan terhadap korosi. Konstruksi perangkat ini juga dirancang dengan baik, dengan bantalan yang kokoh dan komponen yang tahan terhadap guncangan dan getaran. Hal ini menjadikan perangkat ini dapat digunakan dalam berbagai kondisi lingkungan yang keras tanpa mengalami kerusakan.

Sertifikasi IP67

Sertifikasi IP67 menjamin bahwa perangkat ini tahan terhadap debu dan air. Dengan sertifikasi ini, TGS GNSS EQ1 RTK dapat digunakan dalam kondisi lingkungan yang keras, seperti di lapangan terbuka atau di tengah hujan. Pengguna tidak perlu khawatir tentang masuknya debu atau air yang dapat merusak perangkat ini.

Presisi Tinggi dengan Teknologi Dual Freq

Dengan menggunakan dua frekuensi GNSS, TGS GNSS EQ1 RTK dapat menghasilkan posisi yang lebih akurat dibandingkan dengan perangkat GNSS lain yang hanya menggunakan satu frekuensi. Teknologi dual freq ini juga mengurangi efek dari ionosfer dan multipath, sehingga meningkatkan akurasi posisi yang diperoleh.

Frekuensi L1 dan L2 yang digunakan oleh TGS GNSS EQ1 RTK memiliki panjang gelombang yang berbeda, sehingga efek dari ionosfer dapat dikompensasi dengan lebih baik. Hal ini mengurangi kesalahan dalam perhitungan posisi dan meningkatkan akurasi hasil pengukuran.

Manfaat Teknologi Dual Freq

Dengan menggunakan dua frekuensi, TGS GNSS EQ1 RTK dapat menghilangkan efek dari ionosfer yang dapat menyebabkan perubahan jalur sinyal GNSS dan mengurangi akurasi posisi. Frekuensi L1 dan L2 digunakan untuk menghitung perbedaan waktu yang terjadi ketika sinyal melewati atmosfer. Dengan membandingkan perbedaan waktu ini, perangkat ini dapat mengkompensasi efek dari ionosfer dan menghasilkan posisi yang lebih akurat.

Mengatasi Masalah Multipath

Selain itu, teknologi dual freq juga membantu mengurangi masalah multipath, yaitu pantulan sinyal GNSS dari permukaan benda di sekitarnya. Dengan menggunakan dua frekuensi, TGS GNSS EQ1 RTK dapat membedakan antara sinyal asli dan sinyal yang dipantulkan, sehingga dapat memberikan hasil pengukuran yang lebih akurat.

Baca Juga :  4 Komponen Kunci SIG: Apa Saja yang Termasuk?

Teknologi RTK untuk Posisi Real-Time

TGS GNSS EQ1 RTK dilengkapi dengan teknologi RTK yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan posisi dengan akurasi tinggi secara real-time. Teknologi ini sangat berguna dalam aplikasi yang membutuhkan pemantauan posisi secara langsung, seperti pemetaan, konstruksi, atau survei lapangan.

Teknologi RTK memanfaatkan pengukuran jarak antara perangkat GNSS dengan stasiun referensi yang terdekat untuk menghitung posisi dengan akurasi tinggi. Stasiun referensi ini menyediakan data koreksi yang diperlukan untuk menghilangkan kesalahan yang mungkin terjadi selama pengukuran. Dengan menggunakan teknologi RTK, pengguna dapat mendapatkan posisi dengan akurasi sentimeter secara real-time.

Penggunaan Stasiun Referensi

TGS GNSS EQ1 RTK dapat terhubung dengan stasiun referensi yang tersedia di daerah tertentu. Stasiun referensi ini berfungsi sebagai titik acuan yang memiliki posisi yang diketahui dengan akurasi tinggi. Perangkat ini akan menerima data koreksi dari stasiun referensi ini dan menggunakan data tersebut untuk mengkoreksi posisi yang diperoleh.

Akurasi Tinggi dalam Waktu Nyata

Keuntungan utama dari teknologi RTK adalah kemampuan untuk mendapatkan posisi dengan akurasi tinggi dalam waktu nyata. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melihat perubahan posisi secara langsung dan membuat keputusan yang tepat berdasarkan informasi yang akurat. Teknologi RTK juga memungkinkan pengguna untuk melakukan pemetaan atau konstruksi dengan presisi tinggi tanpa perlu menunggu lama untuk mendapatkan hasil pengukuran.

Kemudahan Penggunaan dan Konfigurasi

TGS GNSS EQ1 RTK dirancang dengan antarmuka yang user-friendly, sehingga mudah digunakan oleh pengguna. Perangkat ini juga dilengkapi dengan software yang intuitif untuk konfigurasi dan pengaturan parameter yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Antarmuka pengguna TGS GNSS EQ1 RTK didesain dengan baik dan mudah dipahami. Pengguna dapat dengan mudah mengakses berbagai fitur dan fungsi perangkat ini melalui menu yang intuitif. Selain itu, perangkat ini juga dilengkapi dengan panduan pengguna yang jelas dan lengkap, sehingga pengguna dapat dengan mudah mengatur dan mengkonfigurasi perangkat sesuai dengan kebutuhan mereka.

Antarmuka Pengguna yang User-Friendly

Antarmuka pengguna perangkat ini memiliki tata letak yang sederhana dan intuitif. Pengguna dapat dengan mudah mengakses menu utama dan submenu yang disediakan. Seluruh menu dan opsi pengaturan ditampilkan dengan jelas, sehingga pengguna dapat dengan mudah menemukan dan mengatur parameter yang mereka inginkan.

Software Konfigurasi yang Intuitif

Perangkat ini dilengkapi dengan software konfigurasi yang intuitif yang dapat diinstal pada perangkat komputer pengguna. Software ini memungkinkan pengguna untuk melakukan konfigurasi yang lebih mendalam, seperti pengaturan tingkat akurasi, pemilihan sistem koordinat, atau pengaturan pemetaan. Software ini juga menyediakan tampilan grafis yang jelas dan mudah dipahami, sehingga pengguna dapat dengan mudah melihat dan mengatur parameter yang relevan.

Kompatibilitas dengan Perangkat Lain

TGS GNSS EQ1 RTK kompatibel dengan berbagai perangkat lain seperti tablet, smartphone, atau laptop, yang memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan perangkat yang mereka miliki untuk mendapatkan posisi yang akurat. Perangkat ini juga mendukung berbagai protokol komunikasi, seperti Bluetooth atau WiFi.

Perangkat ini dapat terhubung dengan perangkat lain melalalui koneksi Bluetooth atau WiFi. Pengguna dapat menghubungkan TGS GNSS EQ1 RTK dengan perangkat mereka dan menggunakan aplikasi atau software yang kompatibel untuk melihat dan merekam data posisi yang diperoleh. Kompatibilitas dengan berbagai perangkat dan protokol komunikasi menjadikan perangkat ini sangat fleksibel dalam penggunaannya.

Kompatibilitas dengan Tablet dan Smartphone

TGS GNSS EQ1 RTK dapat terhubung dengan tablet dan smartphone yang menjalankan sistem operasi yang kompatibel, seperti Android atau iOS. Pengguna dapat mengunduh aplikasi GNSS yang kompatibel dari toko aplikasi resmi dan menggunakan perangkat mereka sebagai layar dan antarmuka untuk melihat dan merekam data posisi. Hal ini memudahkan pengguna yang ingin memiliki tampilan yang lebih besar atau menggunakan fitur-fitur khusus yang disediakan oleh aplikasi GNSS tersebut.

Kompatibilitas dengan Laptop dan Komputer

Perangkat ini juga dapat terhubung dengan laptop dan komputer melalui koneksi USB atau WiFi. Pengguna dapat menggunakan software GNSS yang kompatibel yang diinstal pada laptop atau komputer mereka untuk melihat dan merekam data posisi. Kompatibilitas dengan laptop dan komputer memungkinkan pengguna untuk melakukan pemrosesan data yang lebih lanjut atau menggunakan perangkat ini sebagai bagian dari sistem pemetaan atau survei lapangan yang lebih kompleks.

Baca Juga :  Cara Mencari Harga Tanah Per Meter - Panduan Lengkap

Penggunaan yang Fleksibel

TGS GNSS EQ1 RTK dapat digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti pemetaan, konstruksi, survei lapangan, atau pemantauan pergerakan tanah. Perangkat ini juga dapat digunakan dalam berbagai kondisi lingkungan, termasuk di daerah terpencil atau terpapar kondisi cuaca buruk.

Perangkat ini cocok untuk aplikasi pemetaan, baik dalam skala kecil maupun besar. Pengguna dapat menggunakan perangkat ini untuk pemetaan detail di area kecil, seperti pemetaan lahan atau bangunan. Perangkat ini juga dapat digunakan untuk pemetaan topografi yang lebih luas, seperti pemetaan wilayah atau pemetaan sungai. Dalam aplikasi pemetaan, TGS GNSS EQ1 RTK dapat memberikan posisi yang akurat dengan cepat dan efisien.

Perangkat ini juga cocok untuk aplikasi konstruksi, seperti pemantauan posisi bangunan atau pemetaan titik kontrol. Dalam aplikasi konstruksi, TGS GNSS EQ1 RTK dapat memberikan posisi yang akurat dalam waktu nyata, sehingga memudahkan pengguna untuk mengatur dan memantau proyek konstruksi dengan presisi tinggi.

Selain itu, perangkat ini juga dapat digunakan dalam survei lapangan. Dalam aplikasi survei lapangan, TGS GNSS EQ1 RTK dapat digunakan untuk mengukur posisi titik-titik tertentu dengan akurasi tinggi. Pengguna dapat menggunakan perangkat ini untuk survei batas lahan, survei tanah yang terkena bencana alam, atau survei geologi. Dalam aplikasi survei lapangan, perangkat ini dapat membantu pengguna untuk mendapatkan data yang akurat dan mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi yang diperoleh.

Perangkat ini juga cocok untuk pemantauan pergerakan tanah, seperti pemantauan pergerakan tanah di daerah rawan longsor atau pemantauan deformasi tanah di daerah vulkanik. Dalam aplikasi pemantauan pergerakan tanah, TGS GNSS EQ1 RTK dapat memberikan posisi yang akurat secara real-time, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengambil tindakan pencegahan atau mitigasi yang diperlukan.

Baterai Tahan Lama

TGS GNSS EQ1 RTK dilengkapi dengan baterai yang tahan lama, yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan perangkat ini dalam waktu yang lama tanpa perlu sering mengisi ulang baterai. Perangkat ini juga dilengkapi dengan fitur penghematan daya, sehingga baterai dapat lebih efisien digunakan.

Baterai yang digunakan oleh TGS GNSS EQ1 RTK memiliki kapasitas yang cukup besar, sehingga dapat digunakan dalam waktu yang lama sebelum perlu diisi ulang. Dalam kondisi normal, baterai ini dapat bertahan hingga 10 jam penggunaan terus-menerus. Jika baterai mulai habis, perangkat ini juga dilengkapi dengan fitur pengisian baterai yang cepat, sehingga pengguna dapat mengisi ulang baterai dengan cepat dan melanjutkan penggunaan perangkat.

Penghematan Daya

Perangkat ini juga dilengkapi dengan fitur penghematan daya yang dapat mengoptimalkan penggunaan baterai. Fitur ini akan mengatur penggunaan daya secara efisien, seperti mematikan layar atau mengurangi kecerahan layar saat tidak digunakan. Pengguna juga dapat mengatur waktu mati otomatis perangkat jika tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu. Fitur penghematan daya ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan perangkat ini lebih lama tanpa perlu khawatir tentang baterai yang cepat habis.

Akurasi Tinggi pada Posisi Statis dan Bergerak

TGS GNSS EQ1 RTK dapat memberikan akurasi tinggi pada posisi statis maupun bergerak. Dalam aplikasi yang membutuhkan pemantauan pergerakan, perangkat ini dapat memberikan posisi dengan akurasi tinggi secara real-time.

Akurasi posisi pada posisi statis dapat mencapai beberapa milimeter, tergantung pada kondisi lingkungan dan kualitas sinyal yang diterima. Dalam kondisi yang baik, perangkat ini dapat memberikan posisi yang akurat dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Akurasi posisi pada posisi bergerak juga sangat tinggi, meskipun dapat sedikit berkurang dibandingkan dengan posisi statis. Perangkat ini dapat memberikan posisi dengan akurasi sentimeter pada kecepatan rendah hingga sedang, dan akurasi beberapa meter pada kecepatan tinggi.

Baca Juga :  Apakah Topografi Termasuk Faktor Pembentuk Tanah?

Akurasi pada Posisi Statis

Pada posisi statis, TGS GNSS EQ1 RTK dapat memberikan akurasi yang sangat tinggi. Dalam kondisi yang baik, perangkat ini dapat memberikan akurasi hingga beberapa milimeter. Akurasi yang tinggi ini sangat berguna dalam aplikasi yang membutuhkan pengukuran yang sangat presisi, seperti pemetaan lahan atau pengukuran deformasi bangunan.

Akurasi pada Posisi Bergerak

Pada posisi bergerak, TGS GNSS EQ1 RTK juga dapat memberikan akurasi yang tinggi. Meskipun ada sedikit penurunan akurasi dibandingkan dengan posisi statis, perangkat ini masih mampu memberikan akurasi sentimeter pada kecepatan rendah hingga sedang. Hal ini sangat berguna dalam aplikasi seperti pemetaan jalur pergerakan atau pemantauan kendaraan.

Dukungan Pemrosesan Data Lanjutan

TGS GNSS EQ1 RTK mendukung pemrosesan data lanjutan, seperti pengolahan diferensial, yang memungkinkan pengguna untuk meningkatkan akurasi posisi yang diperoleh. Perangkat ini juga mendukung format data yang umum digunakan dalam aplikasi pemetaan atau survei lapangan.

Pengolahan diferensial adalah proses yang digunakan untuk memperbaiki akurasi pengukuran posisi dengan membandingkan data yang diperoleh dari perangkat GNSS dengan data yang diperoleh dari referensi yang diketahui dengan akurasi tinggi. Dengan menggunakan perangkat GNSS yang mendukung pemrosesan data diferensial, pengguna dapat meningkatkan akurasi posisi yang diperoleh hingga beberapa milimeter.

Pemrosesan Diferensial

TGS GNSS EQ1 RTK dapat melakukan pemrosesan diferensial dengan menggunakan data koreksi yang diperoleh dari stasiun referensi terdekat. Perangkat ini akan membandingkan data yang diperoleh dengan data referensidan menghitung perbedaan antara keduanya. Perangkat ini kemudian akan mengkoreksi data posisi yang diperoleh berdasarkan perbedaan ini, sehingga menghasilkan posisi yang lebih akurat.

Format Data yang Mendukung

TGS GNSS EQ1 RTK mendukung berbagai format data yang umum digunakan dalam aplikasi pemetaan atau survei lapangan, seperti RINEX (Receiver Independent Exchange Format) atau NMEA (National Marine Electronics Association). Dengan mendukung format data ini, pengguna dapat dengan mudah mengimpor dan mengolah data posisi yang diperoleh menggunakan perangkat ini dengan perangkat lunak atau software yang kompatibel.

Dukungan dan Layanan Pelanggan

TGS GNSS EQ1 RTK didukung oleh tim teknis yang siap membantu pengguna dalam penggunaan, konfigurasi, atau pemecahan masalah terkait perangkat ini. Perangkat ini juga dilengkapi dengan garansi dan layanan pelanggan yang memastikan kepuasan pengguna.

Tim teknis yang berkualitas dan berpengalaman siap membantu pengguna dalam mengoperasikan dan memaksimalkan penggunaan TGS GNSS EQ1 RTK. Pengguna dapat menghubungi tim teknis melalui telepon, email, atau melalui platform dukungan online yang disediakan. Tim teknis akan memberikan panduan dan solusi yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan masalah yang dihadapi pengguna.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan garansi yang melindungi pengguna dari kerusakan atau cacat produksi. Jika terjadi masalah dengan perangkat, pengguna dapat mengajukan klaim garansi dan perangkat akan diperbaiki atau diganti sesuai dengan ketentuan garansi yang berlaku.

Layanan Pelanggan yang Responsif

TGS GNSS EQ1 RTK juga menyediakan layanan pelanggan yang responsif dan profesional. Pengguna dapat menghubungi tim layanan pelanggan melalui berbagai saluran, seperti telepon, email, atau chat online. Tim layanan pelanggan akan memberikan bantuan dan solusi yang cepat terkait pertanyaan, masalah, atau permintaan pengguna.

Pemeliharaan dan Pembaruan Perangkat

Perangkat ini juga mendapatkan pemeliharaan dan pembaruan perangkat secara berkala. Pengguna akan mendapatkan notifikasi tentang pembaruan perangkat lunak atau firmware yang tersedia untuk perangkat ini. Pembaruan ini dapat meningkatkan kinerja perangkat, memperbaiki bug atau masalah yang terjadi, dan memperkenalkan fitur-fitur baru yang berguna bagi pengguna.

Dalam kesimpulan, TGS GNSS EQ1 RTK adalah perangkat GNSS dengan presisi tinggi yang menggunakan dua frekuensi GNSS, yaitu L1 dan L2. Perangkat ini dilengkapi dengan teknologi RTK untuk mendapatkan posisi dengan akurasi tinggi secara real-time. Dengan desain yang tahan lama, kemudahan penggunaan, dan dukungan layanan pelanggan yang responsif, TGS GNSS EQ1 RTK merupakan solusi yang ideal untuk berbagai aplikasi yang membutuhkan posisi yang akurat dan presisi tinggi.